Monday, February 9, 2015

10 Kota di Dunia dengan biaya hidup termahal.

Kota merupakan kawasan pemukiman yang secara fisik ditunjukkan oleh kumpulan rumah-rumah yang mendominasi tata ruangnya dan memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung kehidupan warganya secara mandiri.

kali ini, saya akan membahas 10 kota yang memiliki biaya hidup yang tinggi.

yang pertama di mulai dari kota :

10. Shanghai, China
Mulai dari urutan ke 10 di tempati Shanghai. Di negeri Panda ini meski terlihat biasa-biasa saja seiring tumbuhnya perekonomian, biaya hidup di Shanghai juga ikut melambung tinggi. Sebenarnya, Shanghai tidak jauh berbeda dengan kondisi Jakarta. tetapi biaya hidup mas
ih lebih mahal disana. Satu liter susu saja misalnya, dijual seharga 30 ribu Rupiah. Sementara untuk harga sewa bulanan apartemen satu kamar di pusat kota mencapai 11 juta Rupiah per bulan.

9. Moskow, Rusia
Diposisi 9 ditempati oleh Kota Moskow. Ibukota Rusia ini, sejak lama sudah dikenal sebagai salah satu kota termahal di Eropa. Di sini seorang pekerja asing rata-rata menghabiskan 3.300 USD atau sekitar 38 juta Rupiah sebulan hanya untuk menyewa apartemen dua kamar. Sementara satu kilogram beras dibanderol seharga Rp. 39.000.

8. Bern, Swiss
Bern adalah ibukota jam tangan dunia. Di kota inilah bernaung merk-merk terkenal semisal Rolex atau Swatch Group yang juga menaungi Omega. Maka dari itu tidak heran kalau Gaya dan Biaya hidup di Bern tergolong mahal. Harga selusin telur misalnya, dibanderol 82 ribu Rupiah. Meski begitu biaya hidup di Bern, menurut Berne Economic Development Agency lebih murah sekitar 15 persen dari kota-kota besar lain di Swiss.

7. Tokyo, Jepang
Tokyo, kota dari negeri Matahari Terbit yang menampung sekitar 13 juta penduduk di area yang luasnya lebih dari dua kali lipatnya luas Jakarta ini, biaya sewa apartemen termasuk yang paling tinggi di dunia. Sebuah apartemen seluas 85 meter persegi dibanderol seharga Rp 35 juta sebulan. Itu pun terletak di pinggir kota. Sementara harga satu bungkus roti tawar bisa mencapai 85 ribu Rupiah.

6. Jenewa, Swiss
Menurut beberapa informasi, kalau berkunjung ke kota Jenewa bagi yang berkantong pas-pasan. jangankan makan di restoran, memasak di rumah sendiri saja bisa menjadi urusan yang menguras kocek. Harga setengah kilogram daging ayam di sini rata-rata mencapai Rp. 178 ribu atau jika membeli Club Sandwich (roti panggang isi daging, sayur, telur sama keju) itu harganya Rp 377.000.

5. Zurich, Swiss
Zurich, Lagi-lagi Swiss. tapi harus diakui, penduduk Swiss memang menikmati pendapatan yang tinggi, bahkan salah satu yang tertinggi di dunia. Maka tidak heran jika biaya hidup di Zurich bisa membuat anda cengang. Harga 12 butir telur saja misalnya, mencapai Rp. 100 ribu rupiah. Sementara obat influenza untuk enam hari dibanderol seharga Rp 240.000.


4. Singapura, Singapura
Siapa yang tidak mengenal Singapura ? beberapa lembaga riset mendaulat Singapura sebagai kota termahal di dunia. Predikat itu pantas disematkan pada negeri ini terutama jika menyangkut kepemilikan kendaraan. membeli mobil di Singapura, bisa menguras uang tabungan hingga keping terakhir. Tapi, memang nyatanya begitu. contoh, harga Volkswagen Golf 2.0 TDI 140 di negara ini bisa mencapai Rp. 1.5 miliar, hampir tiga kali lipat lebih mahal ketimbang di Jerman.

3. Hongkong, Hongkong
 
Hongkong, tempat tinggal itu batu sandungan terbesar kalau ingin hidup hemat di Hong Kong. Karena rata-rata biaya sewa apartemen di kota pelabuhan ini bisa mencapai 4.700 USD atau sekitar Rp. 56.500.000 per bulan. Adapaun harga tiket bisokop untuk dua orang biasanya dibanderol seharga Rp. 250.000 - kendati terkesan mahal, untuk urusan harga tiket bioskop Hong Kong termasuk murah untuk standar Eropa.


2. N'Djamena, Chad
Bukan sembarangan menempati posisi ke 2, tingginya biaya hidup di N'Djamena akan langsung terasa ketika anda mengunjungi kota ini dan memesan menu sederhana di restoran cepat saji. Sekitar 25 USD atau Rp. 295.000 harus dikeluarkan untuk sekali makan. Adapun harga satu eksemplar koran bisa dibanderol Rp. 80.000. Chad yang mengalami booming di sektor perminyakan tidak memiliki kelas menengah yang solid. Sehingga biaya hidup di kota besar cepat melambung tinggi.


1. Luanda, Angola
Siapa sangka. Luanda ibukota Angola yang panas dan berdebu ini didaulat sebagai kota termahal di dunia. Julukan tersebut bukan tanpa alasan. Menempati diurutan pertama kota termahal, satu kilogram tomat saja bisa sampai harga 16 US Dollar (+/- Rp. 180.000). Sementara satu kilogram daging sapi beku bisa dibanderol seharga 45 USD atau sekitar Rp. 530.000. Karena minimnya Infrastruktur hampir di seluruh aspek kebutuhan. atau tepatnya Angola harus mengimpor 80% kebutuhan pangannya dari luar negeri.

Nah tadi merupakan 10 kota dengan biaya hidup termahal, beruntung kota di Indonesia tidak seperti itu.
Sekian post saya kali ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca. 
silahkan comment dibawah jika ingin bertanya. 
Terima Kasih

No comments:

Post a Comment